Wednesday, January 21, 2015

Tampilan Layar Microsoft Word 2007

PENGENALAN MICROSOFT WORD 2007

Microsoft Word 2007 (selanjutnya disebut Word) ialah salah satu program pengolah kata yang banyak digunakan saat ini. Word 2007 merupakan bagian dari Microsoft Office 2007,  yaitu suatu paket yang terdiri atas beberapa program, antara lain Excel, Word, Access, Outlook, PowerPoint, dan lain-lain. Dengan menggunakan Word, Anda dapat membuat dokumen mulai dari yang paling sederhana seperti surat sampai yang rumit seperti artikel yang memerlukan header dan footer, footnote, indeks, daftar isi, diagram, grafik, rumus matematika, dan bahkan surat massal.

Tampilan Layar Microsoft Word 2007

Untuk membuka Word, klik tombol Start di lajur bawah layar Windows, lalu klik menu All Programs. Microsoft Word biasanya terletak pada folder Microsoft Office. Ketika membuka Microsoft Word 2007 pertama kali, akan terlihat tampilan sebagai berikut:

Menu-menu

Ketika Anda mulai mengeksplor Word 2007, Anda akan melihat tampilan baru pada menu bar. Terdapat tiga fitur yang harus diperhatikan selama menggunakan Word 2007, yaitu: Tombol Microsoft Office, Quick Access Toolbar, dan Ribbon. Tiga fitur tersebut berisi banyak fungsi yang terdapat pula pada versi Word sebelumnya. Fungsi-fungsi tiga fitur tersebut akan dibahas lebih lengkap berikut ini.

Tombol Microsoft Office

Tombol Microsoft Office menampilkan banyak fungsi yang terletak pada menu File pada versi lama Word. Tombol ini antara lain memungkinkan Anda untuk membuat dokumen baru (New), membuka dokumen yang telah ada (Open), mengkonversi dokumen (Convert), menyimpan (Save atau Save As), mencetak (Print), mengirim dokumen melalui email atau fax (Send), mempublikasikan (Publish) dan menutup dokumen (Close).

Ribbon

Ribbon adalah panel yang terdapat di bagian atas dokumen. Ribbon memiliki tujuh tab, yaitu: Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View yang berisi banyak fitur baru maupun yang telah ada sebelumnya dalam Word. Setiap tab dibagi ke dalam grup-grup. Grup-grup tersebut merupakan kumpulan dari fitur-fitur yang didesain untuk menampilkan fungsi yang akan Anda gunakan dalam mengembangkan atau mengedit dokumen Word Anda. Fitur yang umum digunakan ditampilkan pada Ribbon. Untuk melihat fitur tambahan di setiap grup, klik panah di sebelah kanan tiap grup.

Tiap tab berisi grup/tool sebagai berikut:
Home                      : Clipboard, Fonts, Paragraph, Styles, dan Editing.
Insert                       : Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, dan Symbols
Page Layout          : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange
References           : Table of Contents, Footnote, Citation & Bibliography, Captions, Index, dan Table of Authorities
Mailings                 : Create, Start Mail Merge, Write & Insert Fields, Preview Results, Finish
Review                   : Proofing, Comments, Tracking, Changes, Compare, Protect
View                        : Document Views, Show/Hide, Zoom, Window, Macros

Quick Access Toolbar

Quick Access Toolbar merupakan toolbar yang dapat dikustomisasi yang berisi perintah yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menempatkan Quick Access Toolbar di atas atau di bawah Ribbon. Untuk mengubah lokasi Quick Access Toolbar, klik panah yang terletak pada akhir toolbar dan klik Show Below the Ribbon.
Anda juga dapat menambahkan item untuk memperoleh Quick Access Toolbar. Klik kanan item mana saja pada Tombol Office Button atau pada Ribbon dan klik Add to Quick Access Toolbar, sampai ditambahkan sebuah shortcut pada Quick Access Toolbar.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com