PENGENALAN MICROSOFT WORD 2007
Microsoft
Word 2007 (selanjutnya disebut Word) ialah salah satu program pengolah kata
yang banyak digunakan saat ini. Word 2007 merupakan bagian dari Microsoft Office 2007, yaitu suatu paket yang terdiri
atas beberapa program, antara lain Excel, Word, Access, Outlook, PowerPoint, dan lain-lain. Dengan menggunakan Word, Anda dapat membuat dokumen mulai dari yang
paling sederhana seperti surat sampai yang rumit seperti artikel yang
memerlukan header dan footer, footnote, indeks, daftar isi,
diagram, grafik, rumus matematika, dan bahkan surat massal.
Tampilan Layar Microsoft Word 2007
Untuk membuka Word, klik tombol Start
di lajur bawah layar Windows, lalu klik menu All Programs. Microsoft Word biasanya terletak pada folder
Microsoft Office. Ketika membuka Microsoft Word 2007 pertama kali, akan terlihat tampilan sebagai berikut:
Menu-menu
Ketika Anda mulai mengeksplor Word
2007, Anda akan melihat tampilan baru pada menu bar. Terdapat tiga fitur yang harus
diperhatikan selama menggunakan Word 2007, yaitu: Tombol Microsoft Office,
Quick Access Toolbar, dan Ribbon. Tiga fitur
tersebut berisi banyak fungsi yang terdapat pula pada versi Word sebelumnya.
Fungsi-fungsi tiga fitur tersebut akan dibahas lebih lengkap berikut ini.
Tombol Microsoft Office
Tombol
Microsoft Office menampilkan banyak fungsi yang terletak pada menu File pada
versi lama Word. Tombol ini antara lain memungkinkan Anda untuk membuat dokumen
baru (New), membuka dokumen yang telah ada (Open), mengkonversi dokumen
(Convert), menyimpan (Save atau Save As), mencetak (Print), mengirim dokumen
melalui email atau fax (Send), mempublikasikan (Publish) dan menutup dokumen (Close).
Ribbon
Ribbon
adalah panel yang terdapat di bagian atas dokumen. Ribbon memiliki tujuh tab,
yaitu: Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View yang
berisi banyak fitur baru maupun yang telah ada sebelumnya dalam Word. Setiap
tab dibagi ke dalam grup-grup. Grup-grup tersebut merupakan kumpulan dari fitur-fitur
yang didesain untuk menampilkan fungsi yang akan Anda gunakan dalam
mengembangkan atau mengedit dokumen Word Anda. Fitur yang umum digunakan
ditampilkan pada Ribbon. Untuk melihat fitur tambahan di setiap grup, klik
panah di sebelah kanan tiap grup.
Tiap tab berisi grup/tool sebagai berikut:
Home : Clipboard,
Fonts, Paragraph, Styles, dan Editing.
Insert : Pages,
Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, dan Symbols
Page Layout : Themes,
Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange
References : Table of Contents,
Footnote, Citation & Bibliography, Captions, Index, dan Table of
Authorities
Mailings : Create,
Start Mail Merge, Write & Insert Fields, Preview Results, Finish
Review : Proofing,
Comments, Tracking, Changes, Compare, Protect
View : Document
Views, Show/Hide, Zoom, Window, Macros
Quick Access Toolbar
Quick Access Toolbar merupakan toolbar yang dapat dikustomisasi yang berisi perintah yang dapat Anda
gunakan. Anda dapat menempatkan Quick Access Toolbar di atas atau di bawah Ribbon.
Untuk mengubah lokasi Quick Access Toolbar, klik panah yang terletak pada akhir
toolbar dan klik Show Below the Ribbon.
Anda juga dapat menambahkan item untuk memperoleh Quick Access
Toolbar. Klik kanan item mana saja pada Tombol Office Button atau pada Ribbon
dan klik Add to Quick Access Toolbar, sampai ditambahkan sebuah shortcut pada Quick Access Toolbar.